Menikmati senja

Kuy, Merapat Asyiknya Ngopi di Padang Savana Pandanwangi Lumajang

lumajangsatu.com
Salah satu pengunjung yang sedang meracik kopi milik pedagang Kopling (Foto : IG)

Lumajang - Penikmat senja khususnya di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya pasti mengenal lokasi ini. Ya benar, Padang Savana Pandanwangi.

Berada di pesisir laut selatan, tepatnya di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Padang Savana selalu ramai dikunjungi kalangan muda-mudi hampir disetiap sore. Pasalnya, di kawasan tersebut bisa melihat waktu matahari terbenam atau yang biasa disebut senja.

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

Padang Savana sendiri merupakan hamparan tanah yang memiliki panorama yang indah. Tidak hanya spot bagi penikmat senja melainkan juga pemandangan laut ataupun hamparan rumput yang membentang luas hingga ratusan hektare.

Ramainya pengunjung di Padang Savana Pandanwangi ternyata dibaca sebagai peluang ekonomi oleh beberapa orang. Salah satunya, Ikal sang penjual kopi yang setiap harinya menyeduh untuk para pengunjung disana.

Salah satu penjual kopi keliling (Kopling) Sandi mengaku baru berjualan kopi disana selama 3 bulan belakangan. Karena peluang tersebut menggugahnya untuk mencoba peruntungan membuka "kopian" di pesisir pantai selatan dengan motor copper andalannya.

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

"Ramainya hari Jumat, Sabtu dan Minggu" ungkapnya. 

Sedangkan untuk pembelinya tidak hanya dari Lumajang, melainkan juga banyak dari daerah tetangga seperti halnya Jember dan Probolinggo. Bahkan saat weekend, ada rombongan dari daerah seperti Malang dan Surabaya.

"Yang disini banyak juga yang dari jember, biasanya ya anak-anak muda gitu menikmati senja katanya," imbuhnya.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

Tidak hanya dia, ada juga beberapa penjual cilot dan minuman lainnya seperti Es Tebu dan berbagai minuman dingin.

Para pedagang ini berharap ramainya Padang Savana tak hanya sementara saja, dan bagi pengunjung jaga kebersihan (Ind/red).

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru