Sajikan Keindahan Alam

Tumpak Sewu Lumajang Masuk Destinasi Terfavorit di Indonesia

lumajangsatu.com
Destinasi wisata Tumpak Sewu Semeru di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronjiwo Kabupaten Lumajang

Lumajang - Wisata air terjun Tumpak Sewu Semeru di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang masuk destinasi wisata terfavorit ke-6 se Indonesia. Hal itu merujuk pada hasil survey kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf).

“Hasil survey Kemenparekraf Tumpak Sewu masuk destinasi wisata terfavorit di Indonesia,” jelas Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni, Jum’at (26/01/2024).

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Dari data kunjungan wisatawan yang datang ke Tumpak Sewu Semeru pada tahun 2023 mencapai 76 ribu pengunjung. Selama libur natal dan tahun baru (nataru) 2024 ada 8 ribu pengunjung yang datang ke Tumpak Sewu.

“Ada 7 ribu wisatawan asing yang tercatat datang ke Tumpak Sewu Semeru, ini merupakan jumlah kunjungan yang sangat luar biasa,” terangnya.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Wisata alam yang sudah memikat banyak wisatawan baik lokal dan manca negara itu harus tetap dirawat dengan baik agar daya tariknya tidak memudar. Lumajang memang dikenal dengan wisata alamnya, sehingga kelebihan itulah yang harus terus dipertahankan.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Yuyun itu menambahkan, dengan ramainya wisatawan datang ke Tumpak Sewu, ternyata memunculkan wisata penyanggah. Kemudian muncul jalan viral oro-oro ombo, Sarkawi, air terjun kapas biru, coban Sriti dan lainnya di Kecamatan Pronojiwo. Yang menjadikan istimewa, semua destinasi wisata di Pronojiwo berlatar belakang puncak tertinggi di Jawa yakni gunung Semeru.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

“Kita ingin jumlah kunjungan setiap tahunnya akan meningkat, sehingga majunya sektor pariwisata akan berimbas pada meningkatnya perekonomian warga sekitar,” pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru