Masuk Satwa Prioritas

2 Ekor Lutung Jawa Timur Dilepas di TNBTS Senduro Lumajang

lumajangsatu.com
Pelepasliaran Lutung Jawa Timur di kawasan TNBTS Senduro Kabupaten Lumajang

 

Lumajang - Kementerian Lingkungan Hidup Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur melepas dua individu Lutung Jawa Timur. Pelepasan dua hewan tersebut dilakukan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, (23/02).

Baca juga: Laporan Pencemaran Nama Baik Buntut Karnaval Ranuyoso Terus Lanjut di Polres Lumajang

Pelepasliaran 2 ekor lutung Jawa Timur itu menambah jumlah populasi Lutung Jawa di kawasan TNBTS yang teridentifikasi sebanyak 12 kelompok. Dimana, masing-masing kelompok berjumlah antara 10 hingga 20 ekor. Dua ekor Lutung tersebut bernama Lifa berumur 1 tahun dan Ting Ting berumur 2 tahun.

Kepala BB TNBTS Hendro Wijanarko menyatakan, dua ekor Lutung tersebut berasal dari tangkapan penyelundupan hewan dilindungi oleh Polda Jatim dan satu ekor lagi didapat dari pengembalian warga. Lutung Jawa merupakan tiga dari satwa prioritas untuk menghuni hutan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca juga: ARSENGO Harumkan Nama Desa Karangbendo Lumajang

“Kita punya 24 individu Macan Tutul, 36 Elang Jawa dan 12 kelompok Lutung Jawa,” jelas Hendro.

Sebelum dilepasliarkan, dua ekor Lutung Jawa itu sudah dilakukan adaptasi selama tiga hari. Saat dilepaskan, dua ekor Lutung tersebut langsung menuju jalan ke hutan dan diharapkan bisa menambah populasi hewan dilindungi di TNBTS.

Baca juga: Indah Wahyuni Apresiasi Bazarku Bunga Telangku SMPN 4 Lumajang

“Tadi saat dilepas dua ekor Lutung itu langsung bisa adaptasi ke alam liar dan langsung menuju hutan,” pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru