Ingin Pacaran Sehat, Yuk..!! Ikutan Konseling Remaja Bersama IBI

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa disetiap Puskesmas ada pelayanan konseling (konsultasi) gratis bagi remaja. Konseling remaja itu akan dilayani oleh para bidan yang akan memberikan informasi kesehatan tentang remaja.

Adanya konseling remaja gratis disetiap puskesmas itu terungkap saat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Lumajang bersama Radio Gloria menggelar acara bakti sosial dan periksa ibu hamil dalam rangka HUT Gloria ke-28. Salah satu acara tersebut adalah memberikan konseling remaja yang akan bertanya tentang seputar kesehatan reproduksi dan lainnya.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Sukosari Lumajang Melibatkan Truk dan Bus Madjoe Berlian

"Iya mas, konseling remaja ini sudah ada disetiap puskesmas, memang peminatnya masih sangat jarang," ujar Nurul Indah wakil ketua II IBI Kabupaten Lumajang saat acara di Gloria, Sabtu (01/08/2015).

Selama ini tim konseling remaja lebih banyak turun dan memberikan sosialisasi kepada siswa melaui Osis, Pramuka dan juga saat masa orientasi siswa (MOS). Materi yang diberikan biasanya soal kesehatan reproduksi, masalah remaja, pra nikah dan pacaran sehat.

Baca juga: Pasar Murah di Senduro Bagian Upaya Pengendalian Inflasi Lumajang

"Kita juga sampaikan pacaran sehat, misalnya tidak melakukan hubungan badan karena jika masih belum cukup usia melakukan hubungan badan akan berbahaya bagi kesehatan reproduksi," terangnya.

Ditanya apakah sosialisasi kepada siswa sekolah tentang kesehatan reproduksi tidak akan menjerumuskan terhadap sek bebas, Nurul menyebutkan itu tergantung dari iman masing-masing anak. Yang jelas, siswa-siswi yang telah mengetahui kesehatan reproduksi akan faham dengan apa yang baik dan apa yang buruk bagi dirinya.

Baca juga: Dikunjungi Asdep PMPB, Lumajang Jadi Percontohan Penanggulangan Bencana

"Itu tergantung iman masing-masing mas, yang jelas mereka akan faham apa yang baik dan yang buruk bagi mereka untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka," terang wanita yang berdinas di Puskesmas Pasirian itu.

Dari beberapa remaja yang datang ke Puskesmas untuk melakukan konseling yang banyak ditanyakan persoalan pra nikah, pemasangan KB, pra kehamilan dan lainnya. "Yang datang memang sedikit mas, mereka rata-rata bertanya persoalan pra nikah, pra hamil dan pemasangan alat kontrasepsi," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru