Mampu Menjawab Pelayanan Kesehatan, Ponkesdes Sukosari-Kunir Juara I Se Jawa Timur

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) -  Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) Desa Sukosari Kecamatan Kunir menjadi juara I tingkat  Jawa Timur setelah mengalahkan puluhan POnkesdes terbaik 38 Kabupaten/Kota.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Ria Cancerina mengatakan, keberhasilan Lumajang berkat keseriusan dalam pembinaan terhadap 127 Ponkesdes yang tersebar di 21 Kecamayan 198 Desa. Apalagi, program ini banyak hal yang dikerjakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Warga Lumajang Diajak Kenali Gejala dan Pengobatan Penyakit TBC

"Tujuan Ponkesdes adalah bagaiman mendekatkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan, apalagi disambuat antusias oleh masyarakat pada umumnya," ungkap peremuan murah senyum itu.

Baca juga: Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat-SOTH, Upaya Lumajang Bebas Stunting

Ponkesdes adalah inovasi bidang pelayanan kesehatan yang dirintis oleh Gubernur Jawa Timur, Ir. Soekarwo. Sehingga, masyarakat Jatim diharapkan bebas dari kematian Ibu dan Balita, serta memiliki Pola Hidup Bersih dan Sehat(PHBS).

Baca juga: Warga Rowokangkung Lumajang Diajak Kenali dan Cegah Penyakit TBC

"Alhamdulillah, Ponkesdes mampu menjawab dalam hal kesehatan masyarakat," jelas perempuan yang hobi olah raga bersepeda.(ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru