Sambut Musim Cocok Tanam, Puluhan Warga Lumajang Gelar Kerapan Kerbau

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Memasuki musim tanam pada tahun ini puluhan warga Desa Sumberjo Kecamatan Lumajang menyambutnya dengan menggelar lomba balap kerbau yang diberinama dengan "Kerapan Kerbau" di lautan lumpur area persawahan desa setempat, Senin (30/11/15).

Tak jauh berbeda dengan kerapan hewan ternak lainnya, sepasang kerbau ini digait dengan menggunakan kaleles yang ditumpangi oleh seorang joki, namun uniknya kerbau-kerbau ini berpacu kecepatan di lautan lumpur bukan di tanah keras.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Menurut panitia, kegiatan kerapan kerbau ini sengaja digelar sebagai bentuk syukur dalam menyambut musim cocok tanam, selain itu kerbau memiliki sejarah khusus dengan para petani pada jaman dulu dimana saat itu belum ada mesin pembajak sawah sehingga para petani memakai tanaga kerbau untuk membajak sawahnya.

"Dalam rangka meyambut musim cocok tanam ini mas, sebab peran kerbau dalam pertanian cukup besar terutama pada zaman dulu sebelum ada mesin pembajak sawah," ujar Ngadiman saat ditanya lumajangsatu.com.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

Selain itu, kerapan kerbau ini sudah menjadi tradisi para petani di Lumajang, bahkan dalam semusim tanam kegiatan serupa digelar 5 hingga 10 kali dengan tempat yang berbeda.

"Ya sudah menjadi tradisi mas, tempatnya pun berbeda kadang disini, di banyuputih, selok gondang, dan dibeberaa tempat lainnya nanti," tambahnya.

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

Diharapkan, kegiatan kerapan kerbau ini tidak hanya merekatkan tali silaturrahmi para petani dan peternak kerbau, namun juga agar tanaman petani kedepan semakin bagus dan melimpah. (Mad/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru