Berharap Tetap Lestari, Ratusan Aktivis Lingkungan Larung Lilin Ke Sungai Asem

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Menjaga kelestarian lingkungan sungai tidak cukup hanya dengan membersihkan kotoran di dasar sungai secara rutin, melainkan juga perlu menyadarkan masyarakat sekitar sungai untuk ikut serta mengambil peran dalam pelestarian sungai.

Salah satu cara yang dilakukan oleh komunitas peduli lingkungan, Gerakan Pecinta Alam (GEPALA) Lumajang dengan menggelar aksi pelarungan ratusan lilin harapan ke dasar Sungai Asem di Kelutajan Tompokersan Lumajang, Kamis (17/12/15).

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

"Pertama peserta harus menulis harapannya terhadap sungai, setelah itu baru kita melarungkan lilin ini ke dasar sungai asem mas," ujar Yudha Tower saat ditanya sejumlah awak media.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, jika kegiatan ini juga bertujuan untuk ikut memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Lumajang (HARJALU) yang ke-760, dengan menulis harapan masing-masing terhadap kelestarian lingkungan sungai.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

"Selain itu kita sebagai putra Lumajang juga ingin ikut serta memeriahkan hari jadi kota kelahiran kami mas, dengan berharap sungai Asem yang selama ini menjadi satu-satunya sungai icon Lumajang tetap lestari dan bersih," tambah pria hitam manis itu.

Salah satu peserta yang hadir terlihat sangat antusias, Leny Fitria mengaku dirinya sebagai warga Lumajang mengaku bangga dan berharap sungai asem ini tetap lestari dan bersih dari berbagai macam anaman kotoran dan kerusakan ekosistem yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

"Kalau saya pribadi berharap kebersihan sungai asem ini bisa terus dijaga, dan hal itu saya tulis dalam harapan saya diposter itu," ungkap wanita cantik itu sembari menunjukkan tulisannya di poster harapan. (Mad/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru