Erupsi Gunung Bromo, Tiga Desa di Lumajang Diguyur Hujan Abu

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Erupsi Gunung Bromo yang terus mengeluarkan kepulan asap kecoklatan kini mulai mengarah ke wilayah Lumajang. Menurut Hendro Wahyono, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan Dan Logistik BPBD Lumajang mengatakan jika saat ini di Lumajang sudah 3 Desa yang diguyur Abu Vulkanik Gunung Bromo.

"Sebenarnya yang rawan itu kan 4 desa di 2 kecamatan mas, namun yang saat ini terpantau sudah diguyur abu vulkanik hanya 3 desa, yaitu Desa Argosari, Desa Ranupani, dan Desa Pakel," ungkapnya, Selasa (22/12/15).

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Dalam penanganannya, BPBD Lumajang sudah membagikan sekitar 7500 masker ke 3 wilayah tersebut untuk membantu warga saat beraktivitas ditengah hujan abu."Sudah sekitar 7500 masker yang sudah kita bagikan, namun jika memang masih kurang kami siap memberikan masker tambahan ke wilayah terdampak," tambahnya.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

Sementara menurut Kepala Desa Argosari, Ismail mengatakan jika abu bromo sudah ketiga kalinya mengguyur desa mereka dalam musim erupsi kali ini. Meskipun abu masih tergolong tipis namun warga Desa Argosari mengaku cemas khawatir erupsi Bromo tahun 2010 lalu kembali terulang.

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

"Sudah 3 hari ini mas, meski abunya tipis tapi warga saya tetap khawatir erupsi bromo yang dulu kembali terulang yang berlangsung 9 bulan," ungkap orang no.1 di Desa Argosari itu. (Mad/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru