Gunung Semeru Semburkan Awan Panas, Sejumlah Daerah Diguyur Hujan Abu

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Warga Lumajang digegerkan dengan informasi gunung Semeru erupsi atau meletus yang ramai di media sosial. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) gunung Sawur membenarkan adanya guguran awan panas Semeru sekitar jam 06.02 wib, namuan bukan erupsi atau terjadi letusan.

"Konfirmasi PVMBG gunung Sawur terjadi guguran awan panas yang mengarah ke selatan," ujar Ayu Dewi Utari kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kepada lumajangsatu.com, Sabtu (13/02/2015).

Baca juga: Waduh, Dua Warga Desa Tegalrandu Lumajang Terlibat Carok

Guguran awan panas menuju sungai Besuk Bang dan besuk Kembar kearah selatan. Pusat awan panas berada di puncak lidah lava dan tidak terjadi kerugian dan ancaman serius karena jauh dari lokasi permukiman.

Baca juga: Penemuan Mayat di Jembatan Sungai Sriti Pronojiwo Lumajang Diduga Bunuh Diri

"Pusat awan panas berada di puncak lidah lava dan mengarah ke selatan, tidak ada ancaman karena jauh dari permukiman warga," terangnya.

Baca juga: Shodiq Diduga Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Massa Lumajang

Warga diminta tetap tenang karena status Semeru masih pada level waspada. "Tidak ada peningkatan status, jadi Semeru masih pada level waspada, warga kita minta tetap tenang," pungkasnya.
Dari pantauan lumajangsatu.com, akibat semburan awan panas itu, sejumlah daerah dilaporkan terjadi hujan abu tipis. Diwilayah Klakah mulai pagi hari warga mulai merasakan hujan abu tipis yang mengguyur.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru