Gladi Lapang Dikira Gunung Lemongan Meletus, Sejumlah Warga Papringan Bingung Jual Sapinya

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Entah dari mana datangnya isu gunung Lemongan akan meletus, membuat sejumlah warga menjadi panik. Di Dusun Godean Desa Papringan Kecamatan Klakah sampai ada 3 warga yang menajual ternaknya dengan harga murah karena takut Lemongan meletus, sehingga tidak repot membawa ternaknya jika mengungsi.

"Isu Lemongan akan meletus setelah ada perekrutan warga yang akan dikutkan gladi lapang erupsi gunung Lemongan, kemungkinan warga tidak faham sehingga dianggap Lemongan akan meletus," ujar Ilal Hakim salah seorang warga Papringan, Kamis (26/05/2016).

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Salah satu warga yang menjual sapinya adalah ibu Kasri warga Dusun Godean. Bahkan, ibu tersebut datang ke desa sebelah untuk menawarkan ternaknya untuk dijual cepat karena takut Lemongan akan meletus.

"Isu itu muncul Lemongan akan meletus, sehingga warga diminta jangan memikirkan hewan ternaknya, tapi lebih mementingkan keselamatannya," jelasnya.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

Ilal berharap kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang bisa memberikan informasi yang jelas dan gamblang. Jangan sampai memberikan informasi yang tidak jelas, sehingga dimaknai bebeda oleh warga. "Kayaknya informasinta tidak sampai ituh, akibtanya sampai gagal faham," terangnya.

Sementara itu, As'at Malik meminta kepada warga tidak resah karena kegiatan gladi lapang hanya simulasi menghadapi bencana. Saat ini, kondisi gunung Lemongan normal dan tidak ada peningkatan sehingga tidak perlu khawatir akan meletus.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

"Warga tidak perlu panik, kegiatan gladi lapang bukan gunung Lemongan akan meletus, gunung Lemongan saat ini kondisinya normal," jelasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru