Penanganan Darurat, Pemerintah Siapkan Geronjong Jalan Pasirian-Tempursari Watu Gedek

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Agar tak ganggu aktifitas warga Tempursari, Pemerintah terus kebut perbaikan jalan Watu Gedek. Sejumlah material seperti batu dan geronjong sudah disiapkan untuk membuat tanggul dan tangkis darurat penahan ombak.

"Hari ini bahan-bahannya sudah dikirim ke Watu Gedek, semoga bisa lekas selesai," ujar Masudi, Sekda Lumajang, Sabtu (28/05/2016).

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Ada dua penanganan yang dilakukan untuk mengatasi putusnya jalan Pasiran-Tempursari akibat ombak besar. Penanganan darurat yang bersifat sementara dan penanganan permanen, namun masih dilakukan kajian.

'Daruratnya kita bangun geronjong agar jalan itu bisa dilewati, permanennya kita lakukan kajian apakah jalan itu bisa dipertahankan atau cari alternatif lain," paparnya.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

Ada rintisan jalan yang sudah ada melingkar diatas tebing Watu Gedek. Lebarnya sekitar 1,5 meter dan saat ini sedang dilakukan survey dan kajian. "Namun ini masih wacana, karena jalan rintisan itu asetnya Perhutani," pungkasnya.

Hendro Wahyono, Kabid Penanggulangan, Kesiapsigaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang berharap ombak tidak terlalu besar. Jika ombak terus besar, maka pemasangn geronjong tidak bisa dilakukan karena sangat berbahaya.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

"Semoga ombaknya tidak besar lagi mas, jika tetap besar maka pemasangan geronjong tidak bisa dilakukan karena pasti berbahaya," jelas Hendro.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru