Sambut Bulan Suci Ramadhan, PP Nurul Ichsan Wotaglih Lepas Ribuan Burung Merpati

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Banyak cara yang dilakukan umat muslim di Indonesia dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Di Pondok Pesantren Nurul Ichsan Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Lumajang misalnya, ratusan warga dan santri merayakan kedatangan bulan penuh berkah itu dengan melepas ribuan ekor burung merpati dihalaman pesantren setempat, Kamis (02/06/16).

Berdasarkan pantauan dilapangan, sejumlah penggemar merpati dari 8 kecamatan di Lumajang dan Jember turut hadir melepas burung peliharaan mereka, secara berkelompok burung-burung tersebut pun bertebaran dilangit untuk kembali pulang kekandang masing-masing.

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Syaifullah, salah satu panitia kegiatan, mengatakan pelepasan ribuan burung merpati ini sebagai bentuk rasa syukur dan cara untuk mempererat tali silaturrahmi antar penggemar merpati, warga dan santri di lingkungan Pondok pesantrem Nurul Ichsan yang saat ini tengah merayakan Haflatul Imtihan yang ke-18 tahun.

"Yang pasti kesempatan ini juga sebagai ajang silaturrahmi antar penggemar merpati dengan warga," ungkapnya.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

Hal senada juga diungkapkan Kyai Fi'il Madi, pengasuh pesantren setempat. Menurutnya acara pelepasan burung merpati ini ia gelar setiap tahunnya, selain untuk memelihara kearifan lokal pelepasan burung ini dinilai cukup efektif untuk mempererat tali silaturrahmi sebelum bulan Ramadhan tiba.

"Dalam islam itu dianjurkan memelihara persaudaraan mas, dan cara yang satu ini saya rasa cukup efektif karena para penggemar dan warga bisa saling bercengkrama satu sama lain," ungkapnya.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Selain dalam rangka memeriahkan kedatangan bulan Ramadhan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam acara Haflatul Imtihan Pondok Pesantren Nurul Ichsan Wotgalih yang ke-18. (Mad/red) 

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru