Cegah Potensi Gangguan Kamtibmas Membesar, Kapolres Lumajang Luncurkan Program Langit Biru

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kapolres Lumajang melaui unit Sabhara Polres meluncurkan program langit biru. Program tersebut adalah program patroli yang ditingkatkan sebagai upaya mempersempit ruang gerak para pelaku kriminalitas.

"Program langit biru ini lebih pada tindakan pencegahan untuk mempersempit para pelaku beraksi," ujar AKP Erik Pradana, Kasat Sabhara Polres Lumajang, Selasa (02/08/2016).

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Erik mencontohkan, tim Sabhara akan melakukan razia pada gerombolan anak muda untuk target sajam dan lainnya. Polisi juga akan melakukan tilang dan tipiring, sehingga potensi kriminal tidak membesar.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

"Kita akan melakukan penindakan saat masih kecil, gerombolan kecil kita akan razia. Jangan sampai sudah menjadi gerombolan besar baru dirazia, karena kita lebih pada pencegahan," jelasnya.

Erik menyebut, jika razia gabungan kemudian menjaring banyak anak muda dan sepeda motor, maka fungsi pencegahan gagal. Namun, jika saat digelar razia hanya sedikit yang terjaring, berarti langit biru berhasil karena saat hendak besar sudah dibasmi terlbih dahulu.

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

"Kalau razia terus dapat banyak anak muda dan motor, beranti fungsi pencegahan gagal," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru