Pantai TPI Tempursari Dilanda Abrasi, Ribuan Pohon Penyangga Ombak Tumbang

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Cuaca buruk yang melanda kawasan pesisir pantai TPI Tempursari kian semakin parah, puluhan ribu pohon cemara udang yang berfungsi sebagai penyangga ombak amblas terbawa arus, selasa siang (10/11/2016).

"Kondisinya sekarang ya kayak gini mas, karena musimnya abrasi hampir setiap hari ada saja cemara yang roboh," ungkap Sumarji, Warga pesisir pantai TPI Tempursari.

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Hal senada juga diungkapkan oleh pelaksana tugas kepala BPBD Lumajang, Hendro Wahyono. "Ya memang kondisi ombaknya kan cukup besar, pasir yang berada di bawah pohon cemara itu terus tergerus hingga cemara udangnya roboh dengan sendirinya," ungkapnya saat dikonfirmasi lumajangsatu.com.

Masih katanya Hendro, kerasnya terpaan gelombang pasang di kawasan tempat wisata tersebut membuat pohon yang berfungsi sebagai penyangga ombak itu tumbang.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

"Rata-rata perhari antara 4-5 pohon mas yang tumbang," tambahnya.

BPBD Lumajang menghimbau agar masyarakat disekitar pantai TPI Tempursari meningkatkan kewaspadaannya karena kondisi ini sangat berpotensi mengancam keselamatan jiwa mereka.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

"Saya himbau agar masyarakat sekitar pantai agar terus memantau perkembangan gelombang di sekitar pantai TPI Tempursari dan jangan sekali-kali melakukan aktivitas di laut terutama para nelayan," pungkasnya. (Mad/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru