Argorsari Negeri di Atas Awan B-29 Tumbuh Subur Tanaman Buah Apel

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Desa Argosari Kecamatan Senduro dengan ketinggian dan suhu dingin ternyata cocok untuk tanaman apel. Saat ini, ada sekitar 100 lebih pohon apel dan mulai berbuah lebat, namun masih ditanam secara sporadis.

"Ada banyak pohon apel di Argosari, tapi belum berupa kebun apel, hanya ditanam secara sporadis dan sebagai tanaman sabuk gunung dipinggir ladang-ladang warga," ujar Rasmin, Camat Senduro, Kamis (24/11/2016).

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Jika pohon apel bisa dikembangkan menjadi sebuh kebun, maka akan meningkatkan daya tarik wisata B 29. Namun yang menjadi kendala, masyarakat masih belum suka menanam apel, karena secara ekonomis kalah cepat dibadningkan dengan sayuran.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

"Kalau apel harus menunggu satu atau dua tahun baru bisa panen, beda dengan bawang, empat bulan sudah bisa dipanen," jelasnya.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Jika buah apel memang akan dikembangkan, maka pemerintah harus membuat sebuah kebun percontohan buah apel. Jika sudah berbuah dan terlihat memiliki nilai ekonomis maka pasti akan diikuti oleh masyarakat Argosari. "Semoga nanti ada kebun percontohan untuk apel, karean di Argosari sangat bagus untuk tanaman apel," pungkas mantan Camat Tempursari itu.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru