Hujan Deras, Tanah Longsor Gondoruso Putuskan Jalur ke Tempusari

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Diguyur hujan lebat seharian membuat jalan penghubung dua desa Kecamatan Pasirian diterjang tanah longsor disertai pohon tumbang Kamis (01/12/2016) Siang. Akibatnya akses jalan utama warga setempat lumpuh total.

Minimnya alat membuat proses evakuasi material longsoran berlangsung lama. Puluhan warga Desa Gondoruso dibantu petugas BPBD dan TNI berusaha membersihkan material longsor yang menutup akses jalan utama antara desa gondoruso kecamatan pasirian dengan Desa Bulurejo kecamatan tempursari.

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Informasi yang berhasil dihimpun dari warga, Kejadian tersebut bermula saat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak rabu malam hingga kamis siang. Akibatnya tebing setinggi lima belas meter tersebut longsor dan menutup seluruh bahu jalan sepanjang sepuluh meter.

Marsuki sala satu warga mengatakan, Hujan deras yang terjadi selama 5 jam sangat rawan terjad longsor di Kawasan Gondoruso. Karena tanah di kawasan hutan ini, sangat mudah longsor. "Jalannya ini kemarin pas hujan deras kemudian longsor menutup badan jalan, yang tertutup longsor lebih dari 10 meter, jalan penghubung pasiran tempursari, kalau ketutup susah saya mau ke kebun aja gak bisa, jelasnya.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

Tidak hanya itu, material longsoran tanah setinggi lima meter tersebut juga membawa sejumlah pohon sengon milik warga yang tumbang ke tengah jalan. Tebalnya material longsoran membuat warga dan petugas kesulitan membersihkannya.

"Rencananya pembersihan akan kembali dilakukan menggunakan alat berat, agar jalan tersebut dapat segara dilalui," ujar salah satu petugas BPBD Lumajang.(mad/ls/red)

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

 

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru