Ratusan Personil Satpol PP Kabupaten Lumajang di Tes Urine Mendadak

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Lumajang, Kamis pagi (12/1), mendatangi kantor Satpol PP Kabupaten Lumajang, guna melakukan tes urine pada ratusan personil penegak perda tersebut.

Sebelum dilakukan tes urine, Kepala BNNK Lumajang, AKBP Wuwuh Priwibowo, S.Pd, MH dihadapan ratusan anggota Penegak Perda ini menjelaskan, bahwa kegiatan tes urin ini sebagai komitmen awal untuk bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

Baca juga: Warga Lumajang Diajak Kenali Gejala dan Pengobatan Penyakit TBC

"Karena ini merupakan kegiatan yang biasa, maka kita tidak perlu takut. Apalagi sebagai petugas, sudah selayaknya seluruh personil tidak terlibat dan menggunakan narkoba," jelas Wuwuh.

"Kami akan terus melakukan tes urine ini pada tiap Instansinya, baik kami datang secara mendadak maupun berdasarkan permintaan Instansi," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan sebagai tindakan antisipasi dan langkah pencegahan pihaknya, dalam memerangi narkoba. Apalagi, narkoba sudah menyerang dan masuk ke seluruh elemen masyarakat. Selanjutnya tindakan ini juga sebagai upaya memutus jaringan pemakai dan pengedar.

Baca juga: Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat-SOTH, Upaya Lumajang Bebas Stunting

Sementara itu, Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Lumajang , Basuni memaparkan, Bagi anggota yang air seninya positif mengandung narkoba akan dilakukan penelusuran. Pendalaman itu dilakukan untuk mengetahui apakah pemilik air kencing murni mengkonsumsi narkoba atau efek mengkonsumsi obat-obatan lantaran didera sakit.

Yang terbukti akan kita klarifikasi dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Apabila murni mengkonsumsi narkoba maka akan kita tindak secara tegas namun terukur, terangnya.

Baca juga: Warga Rowokangkung Lumajang Diajak Kenali dan Cegah Penyakit TBC

Selain kegiatan tes urine ini, BNN Kabupaten Lumajang juga memberikan informasi P4GN tentang bahaya Narkoba disela-sela pelaksanaan kegiatan ini. Sosialisasi pencegahan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.(Red)

Jurnalis warga : Wahyudi S.Sos

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru