Disparbud Lumajang Dorong Pengembangan Destinasi Penyanggah Desa Wisata

lumajangsatu.com
Wisata pemandian alam Tirtosari di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro

Lumajang (lumajangsatu.com) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) terus mendorong desa penyanggah di 21 Desa Wisata. Harapannya, di satu Kecamatan tidak hanya ada satu objek wisata saja, akan tetapi tumbuh banyak destinasi wisata.

"Melalui Bidang Destinasi Wisata, kita terus mendorong desa penyanggah untuk maju dan berkembang dalam pengelolaan wisatanya," ujar Deny Rohman AP, Kadisparbud Kabupaten Lumajang, Rabu (30/08/2017).

Baca juga: Pemkab Lumajang Akan Merenovasi Wisata Alam Selokambang Lumajang

Bidang Destinasi akan menfasilitasi Desa Penyanggah dengan penguatan pengelolaan wisata. Jika semakin banyak desa penyanggah, maka pilihan masyarakat untuk berkunjung ke Lumajang akan semakin banyak.

Baca juga: Kuy, Merapat Asyiknya Ngopi di Padang Savana Pandanwangi Lumajang

"Kita berharap wisatawan saat datang ke satu Kecamatan tidak hanya berkunjung ke Desa Wisata saja, tapi bisa berkunjung ke banyak objek di desa penyanggah," jelasnya.

Deny mencontohkan, di Kecamatan Candipuro Desa Wisatanya adalah Desa Sumbermujur dengan objek unggulan pemandian di Hutan Bambu. Namun, Candipuro juga banyak objek wisata seperti pemandian alam Tirtosari di Desa Penanggal dan ada juga wisata Hutan Pinus.

Baca juga: Camping di Ranu Regulo Senduro Lumajang Masih Jadi Primadona

"Jika desa penyanggah kuat, wisatawan yang datang akan bisa menikmati banyak objek di satu Kecamatan saja. Saat ini kita sedang kuatkan agar desa penyanggah semakin maju dalam pengelolaan wisatanya," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru