Ayo.. ! Ramaikan Festival Jharan Kencak Harjalu ke-762 Tahun

lumajangsatu.com
Seniman Jharan Kencak sedang melakukan atraksi kuda berdiri

Lumajang (lumajangsatu.com) - Festival Jaran Kencak dalam memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-762 tahun, Minggu 26 Nopember 2017. 180 kuda mantan dan kuda Kencak akan melakukan atraksi dari Alun-alun hingga Gor Wirabhakti Lumajang.

"Festival Kuda Kencak akan digelar hari Minggu besok, jam 13.00 wib dari Alun-alun dan finish di Gor Wirabhakti Lumajang," ujar Indrijanto, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Kamis (23/11/2017).

Baca juga: Pemkab Lumajang Akan Merenovasi Wisata Alam Selokambang Lumajang

Festival yang digelar Setiap tahun merupakan penghargaan kepada para seniman kuda Kencak yang ada di Lumajang. Terlebih lagi, kuda Kencak sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda asli Lumajang oleh Pemerintah.

Baca juga: Kuy, Merapat Asyiknya Ngopi di Padang Savana Pandanwangi Lumajang

"Kita ingin terus mengenalkan Jharan Kencak sebagai warisan budaya asli Lumajang dan telah ditetapkan oleh pemerintah Pusat," jelasnya.

A'ak Abdullah Al-Kudus, Koordinator Paguyuban Kuda Kencak menyatakan bahwa setiap grup akan melakukan atraksi di Alun-alun. Nantinya, masyarakat bisa naik dan berfoto dengan kuda Kencak disepanjang jalan dengan memberikan uang seiklasnya kepada para seniman Kuda Kencak.

Baca juga: Camping di Ranu Regulo Senduro Lumajang Masih Jadi Primadona

"Nanti ada atraksi Kuda Kencak di Alun-alun dan sepanjang jalan warga bisa berfoto atau naik kuda manten dengan membayar sejumlah uang kepada pemilik kudanya," pungkasnya. (Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru