Heboh, Tanah di Ladang Tebu Desa Umbul Amblas

lumajangsatu.com
Sejumlah warga menunjukkan retakan di lahan tebu Desa Umbul

Lumajang (lumajangsatu.com) - Warga Dusun Sengonan Desa Umbul Kecamatan Kedungjajang heboh. Pasalnya, lahan tebu milik Sunarsih amblas dan mengalami retakan panjang setelah terjadi hujan deras.

Retakan awalnya hanya kecil saja, namun lama kelamaan terus melebar dan semakin panjang ditengah lahan tebu. Yang berbahaya, lokasi retakan berdektan dengan permukiman warga, yang berjumlah enam rumah yang paling dekat.

"Pertamanya kan sedikit pak terus besoknya ada lagi besok lagi terus sampai sekarang ini pak. Sekitar 15 hari pak, ada rumah itu pak dekat sini ada 6 rumah," ujar Nanik, salah seorang warga, Senin (12/03/2018).

Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang sudah melokalisir lokasi tanah amblas. Gris pembatas juga sudah dipasang, agar tidak sampai mendekat.

"Yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Lumajang yang pertama dilokalisir wilayah itu karena kita khawatir luasannya bertambah untuk sementara hanya ke ladang bu Sumarsih sekitar ¼ hektar," ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang.

BPBD juga melakukan koordinasi dengan instnasi lain, untuk mempelajari proses terjadinya retakan tersebut. "Kita akan koordinasi dengan ESDM untuk meneliti penyebab retakan tanah itu, apakah berbahaya atau tidak bagiw arga sekitar," pungkasnya.(Mad/red)

Baca juga: Kuy, Merapat Asyiknya Ngopi di Padang Savana Pandanwangi Lumajang

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru