Siswa SDN Jogotrunan Belajar Bertani di Wisata Edukasi Alas Semeru

lumajangsatu.com
Wisata Edukasi Alas Semeru di Kabupaten Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Puluhan siswa-siswi dari SDN Jogotrunan Lumajang melaksanakan Outbound Ke Wisata Edukasi Alas Semeru, di Desa Purwosono Kecamatan Sumbesuko. Kegiatan diawali dengan belajar ke pabrik kayu, belajar menanam hidroponix, ke kebun buah jambu, Kebun buah nusantara, kebun binatang, memberi makan hewan dan pegang hewan secara langsung, panen, bermain flying fox, kolam renang, terakhir ke sawah dan menangkap ikan.

"Peserta didik ini lebih ditekankan kepada outdoor learning, Bagaimana Rasanya main diluar, karena anak-anak yg datang kesini adalah anak-anak kota. Megang ayam sedikit jijik, dan kami mendorong untuk bisa," ujar Navida, salah seorang pengelola.

Perasaan peserta didik pada saat berwisata edukasi Alas Semeru mendapatkan tanggapan yang baik dan senang belajar. Alas Semeru terus memperbaiki pelayanan dan juga menerima kritik dan saran dari klien maupun customer. "Pasalnya kami belum genap satu tahun membuka wisata Alas Semeru ini," jelasnya.

Rio Alfaris, Site Manager Alas Semeru mengatakan pihaknya sudah menyediakan dua petak sawah edukasi untuk praktek anak-anak bercocok tanam padi. Pihaknya terinspirasi semenjak dirinya masih kecil bahwa tidak semua orang mengetahui seperti apa sawah serta cara bercocok tanam padi.

"Saya pikir tidak semua anak-anak tahu seperti apa sawah, bagaimana bentuk padi hingga menjadi beras. Jadi dari situlah, kita (pengelola) berpikir kenapa tidak menyediakan sawah edukasi untuk anak-anak PAUD, TK dan SD," terang Rio kepada Lumajangsatu.com.

Dikatakan, Wisata edukasi berupa bercocok tanam di sawah ini sudah di Launching 2017 lalu. "Alhamdulilah sejak launching, 2017 lalu. Wisata edukasi bercocok tanam padi ini, banyak diikuti oleh anak-anak sekolah. Anak-anak mengaku senang menanam padi. Mereka juga bisa memandikan kerbau hingga bisa jadi tahu prosesnya menanam padi di sawah. Yakni tak sebatas mengetahui lewat teori dari membaca buku melainkani langsung dengan praktek," pungkasnya.(In/red)

Baca juga: Peserta Pakaian Unik Meriahkan Senam Dayung di Stadion Semeru Lumajang

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru