Kinerja Polri di Kaki Semeru

AKBP Arsal Sahban Giatkan Operasi Senja Antisipasi Kejahatan di Lumajang

lumajangsatu.com
Anggota Polres Lumajang Giatkan Operasi Senja Demi Antisipasi Kejahatan.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban terus mengingatkan jajarannya untuk selalu melasksanakan giat patroli, sebagai upaya antisipasi dan mengurangi ruang gerak pelaku kejahatan serta aksi terorisme. Anggota Polres disebar disejumlah titik rawan kejahatan disaat menjelang magrib hingga malam hari.

"Pada setiap kesempatan, Saya selalu mengingatkan anggota untuk selalu rajin menggelar patroli secara rutin, baik patroli jalanan, dialogis maupun patroli senja”, ujar Kapolres saat di konfirmasi awak media dalam acara silahturahmi Kapolres dengan Insan Pers di Warung Pondok Asri Sukodono, Kamis (22/11/2018).

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

"Sudah menjadi tugas dan kewajiban Polri, untuk memberikan rasa aman bagi warga dan masyarakat, kapanpun dan di manapun. Sebab, aksi kejahatan bisa terjadi kapanpun dan bisa menimpa siapapun. Maka, di harapkan dengan kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat, di harapkan bisa menekan serta mengurangi ruang gerak para pelaku," tegas Kapolres baru seminggu menjaba di Lumajang.

Banyak yang bisa dilaksanakan oleh anggota Kepolisian , guna mencegah terjadinya pelaku tindak kejahatan. Salah satunya melaksanakan patroli rutin dan memberikan himbauan keamanan kepada warga masyarakat di saat senja , seperti yang di lakukan Patroli Motor dan mobil Satuan Sabhara Polres Lumajang.

Dalam pelaksanaanya, menjelang pergantian senja ke malam personil sabhara tersebut selain mengawasi situasi di wilayahnya juga menyapa warga untuk memberikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas , baik secara langsung maupun melalui pengeras suara mobil patroli.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

Selain mengantisipasi kejahatan jalanan, kegiatan patroli senja ini juga di lakukan sebagai upaya mengurangi ruang gerak pelaku teror seperti yang terjadi di Lamongan. Artinya, kita terus berusaha mengingatkan kepada warga agar senantiasa meningkatkan kewaspadaanya ," kata Kasat Sabhara AKP Jauhar Ma’arif saat memimpin kegiatan patroli senja di Jalan Lingkar Timur atau JLT.

"Petang ini, kita melakukan giat patroli di seputaran kota mulai dari embong kembar, kawasan toga dan stadion, hingga JLT yang notabene merupakan jalur rawan aksi kejahatan serta balapan liar. Sementara anggota regu lainya, melaksankan kegiatan serupa di sejumlah titik-titik rawan lainya," imbuh AKP Jauhar.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Patroli senja dilakukan dengan cara bergerak melintasi jalan poros, sekitar persawahan dan kawasan perumahan padat penduduk. Sebab jam senja adalah rawan menurut catatan kamtibmas wilayah hukum Polres Lumajang, karena warga masyarakat juga persiapan menyongsong waktu shalat maghrib sehingga tidak fokus pada kendaraannya yang masih terparkir dihalaman atau serambi rumah tanpa pengamanan yang memadai.

Bahkan petugas juga tak segan-segan menjaga halaman parkir masjid yang di pergunakan untuk sholat magribh berjama’ah. Atas tindakan ini, tak sedikit warga dan takmir masjid yang mengucapkan terima kasih. (ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru