Mbak Farin Thoriq Canangkan Gerakan Jambanisasi Lumajang di Rowokangkung

lumajangsatu.com
Mbak Farin saat mencanangkan Gerakanan Jambanisasi di Kecamatan Rowokangkung.

Rowokangkung (lumajangsatu.com) - Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Lumajang,  Musfarinah Thoriq yang akrban disapa Mbak Farin, menargetkan pembangunan jamban di Kabupaten Lumajang sebanyak 3500 jamban dalam 2019. Hal tersebut disampaikkannya saat mencanangkan pembangunan jamban untuk keluarga di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Jum'at (3/5/2019).

Pembangunan jamban itu, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat agar berprilaku hidup sehat, minimal di dalam keluarga, khususnya dalam hal Buang Air Besar (BAB) di tempatnya.

Baca juga: GNOTA dan BAZNAS Berikan Beasiswa Pada Mahasiswa Lumajang

Mbak Farin mengatakan,  tingkat Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Lumajang tergolong masih rendah. Oleh karena itu, perlu kerja keras untuk menyadarkan masyarakat tetang arti pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat melalui ODF atau terbebas dari kebiasaan Buang Air Besar di sebarang tempat.

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak Buang Air Besar di sebarang tempat.  aat ini, sudah ada 7 kecamatan yang sudah siap bersama melaksanakan ODF bersama-sama secara serentak.

Baca juga: Mbak Farin Thoriq Berikan Bantuan ke Anak Yatim di LKSA Darunnajah

Ny. Musfarinah Thoriq berharap, jamban yang sudah dibangun itu dimanfaatkan sesuai kebutuhannya. Jamban yang dibangun, diminta selalu dijaga kebersihannya. "Ya nanti, kita lakukan sosialisasi agar dijaga, dirawat dan difungsikan sebagai mana fungsinya," ujar ibu 3 anak itu.

 

Baca juga: Cak Thoriq dan Mbak Farin Nyoblos di TPS Depan Pendopo Arya Wiraraja

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Rowokangkung, Ny. Yoce Arif Efendi berharap, pencanangan pembangunan jamban itu menjadi motivasi keluarga yang lain untuk membangun jamban secara mandiri. Ia mengingatkan, agar warga mengubah perilaku "mekong" (mepe bokong, di sungai, red.) menjadi perilaku yang lebih baik dengan Buang Air Besar ditempatnya.

"TP PKK Kecamatan Rowokangkung sedang giat melakukan sosialisasi dengan apa yang disebutnya sebagai "Sapu Jagat", yaitu, akronim dari Saya Punya Jamban Keluarga Sehat," jelas perempuan murah senyum itu. (hms/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru