Content: / /

Yuk...! Hadiri Ruwat Air dan Makan Tumpeng Bersama di Desa Penanggal

Gaya Hidup

10 September 2018
Yuk...! Hadiri Ruwat Air dan Makan Tumpeng Bersama di Desa Penanggal

Ruwat air di pemandian alam Tirtosari View Desa Penanggal Kecamatan Candipuro

Lumajang (lumajangsatu.com) - Memperingati bulan Suro, warga di Candipuro menggelar Candipuro Festival dengan berbagai macam kegiatan. Di Desa Penanggal, tanggal 3 Suro atau 13 September 2018 akan menggelar ruwat air di sumber mata air Tirtosari View.

Cik Ono SH, Kepala Desa Penanggal menyatakan kegiatan ruwat air akan dimulai dengan arak-arakan tumpeng dari balai desa hingga sumber air Tirtosari. Setelah sampai di lokasi, akan ada ritual basuh muka dan makan tumpeng bersama.

Baca juga : Inilah Akun Resmi Cak Thoriq, Silahkan di Follow

"Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada sang pencipta dan juga melestarikan budaya kita sebagai warga Penanggal," jelas Cik Ono, Senin (10/09/2018).
tirtisari-view
Rasa syukur tersebut karena Desa Penanggal diberi sumber mata air yang besar yang bisa mengairi 250 hektar lebih lahan pertanian di Penanggal. Bahkan, sumber Tirtosari bisa mengairi ke dua Desa lainnya, sehingga nikmat itu harus disyukuri dengan cara tetap menjaga alam dengan kearifan lokal.

Baca juga : Faerozi Pembalap Motor Asal Lumajang Belajar ke Valentino Rossi

"Sumber mata air Tirtosari mengairi 250 hektar sawah di Penanggal dan dua desa lainnya yang luasan sawahnya lebih banyak dari Penanggal," tuturnya.

Baca juga : Shelly dan Darma Naik Motor Ke Pelaminan, Gaya Unik Bikers Lumajang

Agni A. Megatrah, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang menyatakan Candipuro Festival digelar mulai tanggal 11-13 September 2018. Dimulai dengan kegiatan di Hutan Bambu Desa Sumbermujur tanggal 11 September dan diakhiri dengan wayangan di Desa Penanggal dalam acara ruwat air.

"Ini adalah kegiatan tahunan yang digelar oleh warga. Terbuka untuk umum dan gratis untuk para pengunjung," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi