Dipantau dari Heli , Ada Titik Api Baru

Wakapolda Jatim Cek Kebakaran Hebat Hutan di TNBTS Semeru Lumajang

lumajangsatu.com
Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto (kana)

Senduro (Lumajangsatu.com) - Kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mulai berhasil dikendalikan petugas.Ketika datang memantau, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto melihat dari udara, ternyata bara api kembali menyala kemungkinan pergeseran angin.

Meski demikian, api tak sepenuhnya dipastikan padam. Seperti yang dilihat dari Heli oleh Tim Wakapolda Jatim di sejumlah titik masih terlihat kepulan asap dan titik api baru sisa kebakaran sebelumnya.

Baca juga: Tim PKM STKIP PGRI Lumajang Sukses Gelar Pelatihan dan Pendampingan Lesson Study di Gucialit

Selain itu besok akan dikerahkan sebanyak 62 petugas lapangan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, dan rewalan, hingga kini masih terus berjibaku melakukan pendinginan untuk mencegah kebakaran membesar kembali.

"Kalau kami melihat pantauan heli dari hotspot posisinya ada yang ditebing curam" Kata Wakapolda Brigjen Pol Toni Hermanto

Akibat kebakaran selama sepekan, sedikitnya lebih dari 93 hektare hutan vegetasi dengan berbagai tanaman endemik Gunung Semeru ludes dilalap api. Dia juga akan diskusi terkait spot-spot yang masih terbakar, harus dilihat apakah ulah manusia atau memang faktor alam untuk memastikan ada tidaknya kebakaran yang terpantau di bmkg.

Baca juga: Akses Jalan Utama Menuju Kecamatan Tempursari Lumajang Longsor

"Kita memberikan kepastian terkait dengan api yang muncul" Tandasnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menambahkan terkait dengan kebakaran tersebut ada titik api baru yang asapnya mulai kelihatan dan masih kecil, itu pastinya kondisi riil yang dilihat hari ini . Semisal ulah manusia yang membakar itu tidak mungkin.

Baca juga: Korban Kebakaran Pabrik Kayu PT CBI Besuk Lumajang Sudah Membaik

"Beberapa hal yang memungkinkan adalah melakukan korrdinasi agar asap ini bisa dihentikan" Kata Thoriqul Haq

Wakapolda berharap Dandim dan Kapolres Lumajang bisa terus berkomunikasi untuk koordinasi semakin cepat. Terlebih jika hujan segera turun sekiranya cepat terkendali. (ind/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru