1 Dari 25 RS Di Indonesia

RSUD Haryoto Lumajang Ikut Uji Klinis Plasma Konvalesen untuk Covid-19

lumajangsatu.com
dr Halimi Maksum Direktur RSUD Dr Haryoto berikan keterangan pers.

Lumajang - RSUD Haryoto Lumajang menjadi salah satu dari 25 Rumah Sakit (RS) di Indonesia yang disetujui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) kementerian kesehatan Republik Indonesia, untuk melakukan uji klinis pemberian plasma konvalesen pada pasien covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Directur Rsud Haryoto dr Halim Maksum saat ditemui awak media selesai rapat uji klinik pemberian plasma pada pasien covid-19 dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Kebakaran Hebat Hanguskan Gedung Perpustakaan MI Nurul Islam Kunir Lor Lumajang

"Yaa RSUD Haryoto ikut uji klinis plasma konvalesen,"tegasnya.

Dia menjelaskan tujuan uji klinis pemberian plasma konvalesen, agar mengetahui dengan pasti, terkait efektifnya plasma konvalesen untuk penyembuhan pasien Covid 19.

Baca juga: Petugas Damkar Berjibaku Padamkan Api di Puncak Gunung Tambuh Condro Lumajang

"Nanti tahu Plasma Konvalesen ini benar-benar sempurna atau sebenarnya tidak berpengaruh,"paparnya.

Tetra Fajar Wati, Tim Peleliti Uji Klinis Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) kementerian kesehatan Republik Indonesia, mengungkapkan jika penilitian plasma konvalesen sudah dilakukan sejak 08 September lalu, dan diperkirakan selesai pada akhir tahun ini.

Baca juga: Ini Sejarah Penyebutan Perempatan ST di Jalan PB Sudirman Lumajang

"Kami berterima kasih, dan berharap setelah merekrut satu subyek, kedepan akan banyak lagi subyek yang berpartisipasi. Sehingga di akhir tahun kita sudah mendapatkan kesimpulan efek daripada terapi plasma,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru