Korban Diperkirakan Banyak

8 Warga Sumberwuluh Dilaporkan Hilang Pasca Letusan Semeru Lumajang

lumajangsatu.com
Kondisi tanggal 5 di aliran lahar setelah jembatan pasca letusan Semeru di Desa Sumberwuluh

Candipuro - Bencana letusan gunung Semeru diperkirakan akan menela puluhan korban jiwa. Pasalnya, banyak laporan warga, bahwa anggota keluarganya hilang kontak pasca Semeru erupsi.

Abdul Aziz, mantan Pj Kepala Desa Sumberwuluh menyatakan ada laporan warga, 8 anggota keluarganya hilang kontak. Sore saat bencana datang, delapan orang tersebut memang beraktifitas di aliran lahar Semeru dibawah jembatan atau Gladak Perak yang sudah terputus.

Baca juga: Car Free Day di Alun-Alun Lumajang Bikin PKL Raup Untung Banyak

"Ada 8 laporan warga anggota keluarganya hilang kontak sejak sore saat terjadi erupsi Semeru," ujar Aziz, Minggu (05/12/2021).

Kondisi aliran lahar Semeru dibawah jembatan Perak sudah dipenuhi material abu fulkanik. Jika hujan dengan intesitas tinggi dan terjadi peningkatan debit air, maka sejumlah Desa akan terancam.

Baca juga: Warga Sumberbendo Demo Sekdes Dorogowok Lumajang Mundur

"Semoga tidak hujan mas, karena tanggul-tanggul sungai sudah tertutup dengan material letusan Semeru," terangnya.

Aziz juga menghimbau kepada warga agar tidak datang ke lokasi bencana, karena masih sangat berbahaya. Aktifitas Semeru masih belum bisa diprediksikan dan bisa terjadi letusan susulan.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

"Kami mohon, ini adalah bencana, bukan area wisata, jadi warga terutama yang dilauar Desa terdampak datang ke lokasi aliran lahar Semeru," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru