Angka Kecelakaan Sangat Tinggi

113 Nyawa Melayang Selama 2021 Akibat Kecelakaan di Lumajang

lumajangsatu.com
Petugas melihat kelayaan kendaraan umum untuk menekan kecelakaan lalulintas di jalan

Lumajang - Sepanjang tahun 2021 dari Januari-Desember jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Lumajang mencapai 416. Dari total kecelakaan mengakibatkan korban meninggal dunia 113 jiwa, luka berat 2 dan luka ringan 463 orang.

Jumlah korban meninggal akibat laka lantas lebih tinggi dari korban bencana awan panas guguran semeru dan meninggal akibat penyakit. Sehingga data ini terus menjadi perhatian Satlantas Polres Lumajang untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: DPRD Lumajang Apresiasi Polisi Ungkap Ladang Ganja di Hutan TNBTS

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho menekankan pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menaati peraturan lalu lintas. Hal itu perlu dilakukan karena pelanggaran peraturan lalu lintas menjadi penyebab utama terjadinya laka lantas.

Baca juga: Car Free Day di Alun-Alun Lumajang Bikin PKL Raup Untung Banyak

Sementara Kanit Laka Lantas Polres Lumajang Ipda Loni Roi mengatakan, merujuk data tersebut maka kesadaran tertib lalu lintas harus tumbuh dalam diri masing-masing pengguna jalan.

"Patuh bukan karena takut ada petugas, tetapi patuh karena sadar kecelakaan lalu lintas dapat menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja," ujar Ipda Loni, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Warga Sumberbendo Demo Sekdes Dorogowok Lumajang Mundur

Tentunya kejadian-kejadian seperti ini diharapkan tidak terjadi lagi di masa depan. Perlu kedisiplinan masyarakat untuk terus menerus mentaati aturan lalu lintas agar tidak mengalami kecelakaan.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru