Tidak Merayakan Liburan Tahun Baru

Serangan Hama Pipit Membuat Petani Yosowilangun Kelimpungan

lumajangsatu.com
Seorang petani menjaga tanaman padinya dari serangan hama burung pipit di Dusun Kebonan, Desa Yosowilanggun KIdul Kecamatan Yosowilanggun. ( Foto by Sahrul)

Yosowilanggun - Tahun baru merupakan moment banyak kalangan masyarakat untuk berlibur ke tempat wisata bersama keluarga. Hal ini tidak berlaku bagi petani warga Dusun Kebonan Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun, dikarena hama burung pipit menyerang hamparan padi mengguning.

Hama burung pipit sudah sekitar 2 minggu menyerang tamanan padi yang sudah menguning di kawasan Yosowilangun Kidul dan sekitarnya. Sejak pagi, para petani menjaga dari serbuan hama burung hingga jelang magrib.

Baca juga: Kelompok Tani di Yosowilangun Lumajang Terima Bibit Bawang Merah

"sudah tak memikirkan liburan akhir tahun jika hama burung seperti ini, " Sunik (51)  salah satu warga Dusun Kebonan.

Baca juga: Desa Kraton Lumajang Siap Ikuti Ajang Apresiasi KIP 2024

Menurut dia, jika tidak dijaga dari serangan hama burung pipit, bisa menyebabkan hasilnya tidak maksimal. Ditahun 90-an hama buru manyar jadi musuh petani, kini burung pipit.  "Kami tak ingin rugi, pupuk sudah mahal, masih ada cobaan hama burung pipit," jelasnya.

Baca juga: Ditinggal Ke Sawah Rumah Ludes Terbakar di Yosowilangun Lumajang

Hal senada disampaikan, Slamet warga lainya, burung pipit tidak seperti burung manyar. Dengan ada orang orangan sawah sudah takut, tetapi burung pipit berbeda. "Kalau gak diusir dengan cara di lempar tanah keras, gak mau kabur si pipit," paparnya. (Rul/Har/Red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru