Memasuki Musim Kemarau

Fenomena Bunga Salju Akan Segera Muncul di Ranupani Lumajang

lumajangsatu.com
Dok. kemunculan bunga es saat musim kemarau di Ranupani-Lumajang

Lumajang - Memasuki kemarau atau musim kering, akan muncul fenomena unik di daerah Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Saat suhu sampai minus, maka akan muncul fenomena bunga es (frost) atau warga sekitar menyebut embun upas.

Embun upas berasal tetesan embun yang berada di pucuk-pucuk rerumputan yang membeku karena suhu yang sangat dingin sampai minus. Fenomena itu  akan muncul saat pagi hari dan akan menghilang seiring munculnya sinar matahari yang melelehkan embun upas.

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

Fenomena tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi seperti berada di dalam kulkas berukuran besar. Biasanya, saat mulai muncul fenomena tersebut akan banyak wisatawan yang datang untuk merasakan dinginnya alam Ranupani.

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

Namun, fenomena tersebut tidak dipastikan muncul, karena tergantung pada cuaca. Jika suhu tidak dingin, maka embun upas tidak akan muncul. “Sekarang masih belum mas, biasanya akan muncul pada puncak musim kemarau antara Juli sampai dengan Agustus,” ujar Faizin, salah seorang warga Ranupani kepada Lumajangsatu.com, Rabu (31/05/2023).

Meski menjadi daya tarik wisata, munculnya embun upas juga berdampak tidak baik bagi pertanian di Ranupani. Pasalnya, embun upas dalam sekejap bisa membuat tanaman kentang milik petani mati mengering. Saat muncul embun upas, saat pagi hari para petani akan menyemprot tanaman kentang dengan air, agar embun upas segera meleleh dan tak sampai tanaman kentang petani mati.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

“Memang jadi daya tarik bagi wisatawan mas, tapi bagi para petani kemunculan embun upas bisa menjadi musibah, karena bisa mengakibatkan tanaman kentang mati mengering,” pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru