PMII Akan Beri Hakim Kedelai Hasil Sumbangan, Minta Kakek Ngatmanu Dibebaskan

lumajangsatu.com

Baca juga: Ini Modus Maling Kerbau Lumajang Jagal Langsung di Lokasi

Lumajang (lumajangsatu.com) - Aksi solidaritas kakek Ngatmanu yang disangka mencuri kedelai 2,5 kg milik Hariyanto dilakukan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Lumajang. Mahasiswa berkeliling pasar baru Lumajang untuk mengumpulkan donasi Kedelai, yang akan diberikan kepada hakim saat persidangan.

"Hasil dari kedelai sumbangan dari warga ini kita akan berikan kepada pak hakim saat persidangan nanti," ujar Fauzi kordinator pengumpulan donasi kedelai untuk kakek Ngatmanu kepada lumajangsatu.com, Sabtu (21/03/2015).

Aksi donasi kedelai untuk kakek Ngatmanu merupakan sebuah aksi keprihatinan dari mahasiswa karena hukum di Indonesia masih sangat tajam kebawah dan tumpul keatas. Kasus besar seperti korupsi sangat sulit di proses, sedangkan kasus kecil dengan nominal kerugian kecil sangat cepat diproses.

"Hukum kita sangat tumpul keatas, dan garang kebawah untuk masyarakat kecil dan lemah," papar aktivis asal STKIP PGRI Lumajang itu.

Dari pantauan lumajangsatu.com, harga kedelai dipasar untuk impor 9 ribu rupiah per-kg-nya. Sedangkan untuk kedelai lokal harganya sekitar 7.500 per-kg-nya. "Harganya 9 ribu mas per-kg-nya yang impor, kalau lokal biasanya lebih murah seribu rupiah," papar seorang pedagang pasar baru.

Diberitakan sebelumnya, kakek Ngatmanu (73) warga desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono ditahan karena disangka mencuri kedelai 2,5 kg milik Hariyanto. Setelah dilimpahkan ke kekejaksaan, Ngatmanu langsung ditahan dan segera disidangkan.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru