Content: / /

Pantai Watu Pecak Lumajang Musim Karangan Rasanya Lezat

Gaya Hidup

12 Oktober 2021
Pantai Watu Pecak Lumajang Musim Karangan Rasanya Lezat

Karangan sampir yang diambil pantai selatan rasanya lezat, bisa dimasak kuah atau dijadikan petis

Pasirian - Kawasan pesisir pantai selatan di pantai Watu Pecak Desa Selok Awar Awar Kecamatan Pasirian sedang musim kerang. Warga sekitar menyebutnya dengan karangan.

Saat air laut surut, warga mencari karangan di bebatuan pantai selatan. Ada yang dijual, ada juga warga yang mencari untuk dikonsumsi sendiri. Karangan yang didapat akan dimasak kuah dan rasanya sangat lezat dan nikmat.

Jika ukuran karangannya kecil, biasanya akan dijadikan petis dan dijual dengan harga 10-15 ribu perwadah sekitar 1 ons. "Sekarang mulai musim karangan," ujar Yulia, salah seorang warga sekitar, Selasa (12/10/2021).

Musim karangan biasanya muncul saat musim kemarau panjang. Saat musim hujan turun dan sudah terjadi banjir, karangan di pantai selatan akan mati dan muncul pada musim berikutnya.

Setiap hari ada dua kali ombak pantai selatan surut, yakni sore hari sekitar pukul 15.00 wib dan pagi hari pukul 02.00 wib. Surutnya ombak akan terus begeser, sore hari akan semakin alam dan pagi hari terus semakin siang.

"Kalau sore banyak sekali yang cari karangan. Dipinggir-pinggir banyak karangan yang nempel di bebatuan," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi