Content: / /

Pemkab Lumajang Gelar Bimtek Kabupaten Sehat 2024

Pemkab Lumajang Gelar Bimtek Kabupaten Sehat 2024

Bimtem Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Lumajang 2024

Lumajang - Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berkomitmen untuk menjadikan Lumajang sebagai daerah yang sehat. Salah satu langkah yang dilakukan dengan melakukan Bimbingan Teknis Kabupaten/Kota Sehat oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, 15-16 Mei 2024.

Peserta Bimtek Kabupaten/Kota Sehat berasal dari tim pembina KKS Kabupaten, Camat/FDKS dan Forum Lumajang sehat. Kegiatan Bimtek menghadirkan pemateri dari Katim PUTK Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Ely Setyawati, SKM, M.Kes, Dinkes Kota Blitar dan Forum KKS Kota Blitar.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni berharap dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan taraf kesehatan warga Lumajang. Pada tahun 2024, Lumajang sudah dapat penghargaan Swasti Saba Padapa dibidang kesehatan. Penghargaan sebenarnya bukan tujuan, namun dengan adanya penghargaan maka pemerintah dipacu agar benar-benar sesuai apa yang didapat dengan kenyataan di masyarakat.

“Sebenarnya sebelum Covid 19, Lumajang sudah dapat penghargaan tertinggi di bidang kesehatan yakni Swasti Saba Wistara selama 5 tahun berturut-turut,” jelas perempuan yang akrab disapa Yuyun itu.

Pj. Bupati juga mengajak semua kader kesehatan, tim penggerak PKK mulai Kecamatan hingga Desa untuk bersama menjadikan Lumajang Kota Sehat. Mengajak semua masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sementara itu, Kadinkes P2KB Lumajang dr. Rosyidah menyatakan kegiatan yang digelar sebagai upaya update pengetahuan tentang Kabupaten/Kota Sehat. Lumajang sebenarnya sudah 5 kali berturut-turut menerima penghargaan Swasti Saba Wistara, namun saat ini turun menjadi Swasti Saba Padapa.

“Kita terus update pengetahun tentang Kabupaten/Kota Sehat, kita ingin Lumajang kembali mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Wistara. Tentu perlu dukungan segenap elemen masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan tetap sehat,” pungkasnya.(Yd/red)

Facebook

Twitter

Redaksi