Pertumbuhan Ekonomi Positif

Tingkat Pengangguran Naik, Ini Langkah Pemkab Lumajang

lumajangsatu.com
Bupati Lumajang Thoriqul Haq

Lumajang - Meski memiliki nilai pertumbuhan ekonomi positif tahun 2022, namun tingkat pengangguran terbuka (TPT) Lumajang malah meningkat. Pemerintah Kabupaten terus berupaya mengurangi angka pengangguran dari pengaruh situasi ketidakpastian ekonomi global maupun nasional.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, bahwa TPT Lumajang pada 2022 tercatat sebesar 4,97 persen, angka itu naik 1,46 persen dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 3,51 persen.

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

"Kenaikan ini bisa jadi dipicu kondisi perekonomian global dan nasional yang masih belum stabil, sehingga peluang kerja belum tersedia sepenuhnya," kata dia.

Cak Thoriq juga mengatakan, adapun beberapa intervensi pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran, beberapa diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan melalui program padat karya dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang rentan akibat dampak kondisi perekonomian yang masih belum stabil.

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

"Ini merupakan Intervensi pemerintah untuk menekan angka pengangguran," ujarnya.

Sementara itu, dilihat dari sisi jumlah angkatan kerja, pada tahun 2022 jumlah angkatan kerja di Lumajang mencapai sebanyak 586.536 orang, angka itu naik 32.218 orang dibandingkan tahun 2021.

Baca juga: Operasi Tumpas Narkoba Polres Lumajang Amankan 20 Tersangka

"Sejalan dengan kenaikan jumlah angkatan kerja, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) tahun 2022 tercatat sebesar 66,75 persen, angka itu mengalami kenaikan 3,56 persen dari tahun 2021 yang mencapai 66,19 persen," pungkasnya.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru