Puluhan Pelajar Ke Situs Biting Demi Melihat Eskavasi Balar Jogya

lumajangsatu.com

Baca juga: Komisi A DPRD Dukung Pendekatan Humanis Satpol PP Pada Pelajar Lumajang

Sukodono(lumajangsatu.com)-Puluhan pelajar Lumajang berbondong-bondong menyaksikan proses penelitian Balai Arkeologi Jogyakarta di Kawasan Situ Biting, Dusun Biting Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono, Sabtu(21/9/2013). Para pelajar ingin mengetahui penelitian Balar Jogya di Benteng Kuno Kerajaan Lamajang.

Saya sama teman-teman ada tugas pelajaran Sejarah, kata bu guru ada penelitian sejarah di Biting, kata Susanti, salah satu pelajar SMAN 2 Lumajang.

Menurut dia, dirinya ingin mengetahui sejarah Situs bIting dan metode penelitian balai arkeologi. Karena, baru pertama kali ada penelitian di Lumajang soal sejarah dan peninggalannya. Kita baru tahu eskavasi itu seperti apa, terangnya.

Hal senada disampaikan pelajar lainya, Samsul, kunjungan ke situs biting untuk mengetahui kebesaran peninggalan kerajaan Lamajang. Dirinya baru mengetahui, kalau Lumajang adalah sebuah kerajaan dan memiliki peninggalan yang luar biasa. Ya, kita ingin tahu sih, alhamdulilah dengan ketemu dengan peneliti, sejarawan dan arkeolog, Lumajang memang luar biasa, paparnya.

Para pelajar juga melihat proses eskavasi yang dilakukan arkeolog dan tenaga lokal. Pelajar mengetahui, proses penelitian metode penggalian sangat hati-hati. Ternyata, penelitian peninggalan sejarah harus terliti dan hati-hati, ujar pelajar lainya.(yan/yud)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru