Daerah Aliran Sungai

Sering Lahar Warga Diminta Tak Berwisata Dilokasi Bencana Semeru

lumajangsatu.com
Bajir lahar dingin di aliran sungai lahar Semeru kembali terjadi karena hujan deras di puncak

Candipuro - Masih sering terjadi lahar karena hujan lebat di daerah aliran sungai (DAS) Gunung Semeru, warga diminta tdak jadikan lokasi obejk wisata berfoto. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menjelaksan lahar pasti terjadi ketika terjadi guyuran hujan, karena sisa material erupsi gunung Semeru.

"Iya kalau untuk lahar tiap ada hujan dipastikan lahar, karena air dari atas gunung kebawah, serta sisa material erupsi gunung Semeru yang kemarin," jelas Rosyid, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Lumajang, Minggu (03/01/2021)

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

Dia menjelaskan jika lahar tidak bahaya ke pemukiman warga, namun sangat bahaya pada warga yang mengunjungi lokasi lahar. "Nah kan kadang-kadang ada suatu bencana warga berbondong-bondong lihat itu yang bahaya," ujarnya.

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

Dia juga mengatakan jika sungai aliran lahar sudah dilakukan perbaikan serta untuk tanggul sudah diatasi BPBD secara darurat. Selain itu dia juga menghimbau pada warga yang melakukan aktifitas penambangan agar berhati-hati serta jika membahayakan supaya tidak melakukan penambangan

"Jika hujan terjadi jangan dekat-dekat ke aliran lahar, karena bahaya. Untuk penambang jika aktifitas Gunung Semeru ada peningkatan sebaiknya tidak dilakukan," pungkasnya.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

Sekitar pukul 11.46 wib (03/01) lahar dingin kembali terjadi di DAS Semeru. Meski dibawah tidak turun hujan, namun lahar dingin cupkup besar karena di puncak Semeru hujan lebat. Air membawa material pasir bekasa letusan Semeru.(Oky/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru