Khawatir Air Meluap

BPBD Mulai Bangun Bronjong Tanggul Penahan Banjir Semeru Lumajang

lumajangsatu.com
Pembangunan bronjong penahan banjir lahar Semeru di sungai Rejali Desa Sumberwuluh

Candipuro - Tanggul penahan banjir yang hampir jebol di sungai Rejali Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro mulai dipasang Bronjong. Anggaran pemasangan geronjong dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

"Pengerjaannya tinggal 7 hari lagi, progresnya sangat baik," ujar Joko Sambang Kabid KRR BPBD Kabupaten Lumajang usai melihat pembangunan geronjong, Kamis (11/03/2021).

Baca juga: Jalan Pertanian Tembakau Lumajang Diperbaiki Lewat Dana DBHCHT

Awalnya, tanggul penahan banjir tersebut abrol saat terjadi banjir lahar Semeru. Kemudian dilakukan pengurukan agar air tidak langsung menghantam tanggul saat terjadi banjir.

Baca juga: Mendagri Kembali Tunjuk Indah Wahyuni Jadi Penjabat Bupati Lumajang

Namun, saat terjadi banjir besar Minggu lalu, sidimentasi dari material pasir malah hampir sama dengan tingginya tanggul. Dikhawatirkan, jika terjadi banjir dan aliran sungainya lurus akan meluber dan masuk ke permukiman warga.

Dari data BPBD, jika air meluap warga terdampak langsung sekitar 1.000an lebih. Namun, yang berbahaya aliran banjir jika terus mengalir kebawah ada beberapa Desa seperti Sumberwuluh, Jarit dan Jugosari yang juga akan terdampak.

Baca juga: Diskominfo Lumajang Komitmen Jaga Keamanan Informasi

"Kita terus lakukan upaya agar tanggul penahan banjir tidak sampai jebol," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru