Penemuan Bom Peninggalan Penjajah Gegerkan Warga Lumajang

lumajangsatu.com

Baca juga: Komisi A DPRD Dukung Pendekatan Humanis Satpol PP Pada Pelajar Lumajang

Lumajang(lumajangsatu.com)- Warga desa di Jl Gubernur Suryo atau yang lebih dikenal dengan jalan Embong Kembar, Kelurahan Tompokersan Kabupaten Lumajang digegerkan dengan penemuan bom yang diduga masa aktif, Selasa (13/05/2014). Bom yang diperkirakan peninggalan dari masa Belanda atau Jepang tersebut ditemukan oleh para pekerja bangunan, saat menggali pondasi rumah. "Waduh saya kaget mas, melihat bom yang besar itu, ya takut meledak,' ujar salah satu pekerja yang menemukan bom tersbut.

Takut terjadi hal yang tidak diinginkan, bom yang sudah karatan tersebut langsung diamankan oleh pihak kepolisian Polres Lumajang. Kepolisian juga melakukan koordinasi dengan Kodim 0821 untuk menyimpan barang yang berbahaya tersbut. "Kita sudah berkoordinasi dengan tim Gegana Polda Jatim untuk melakukan disposal," ujar AKBP Singgamata SIK, Kapolres Lumajang kepada sejumlah wartawan.

Saat ini, tim dari Gegana sudah bergerak ke Lumajang untuk segera melakukan pemusnahan barang peninggalan dari penjajah tersebut. Rencananya pemusnahan bom itu, akan dilakukan di lokasi latihan TNI, di dusun Translok, desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh. "Sesuai dengan SOP harus segera dimusnahkan, karena kalau disimpan terlalu lama akan membahayakan," paparnya.

Jika memilihat dari bentuk bom yang masih utuh, kemungkian besar benda tersebut masih aktif dan bisa meledak. Pihak kepolisian juga telah melakukan sterilisasi lokasi penemuan dan melakukan penyisiran namun tidak ditemukan benda-benda yang sejenis. "Dimungkin masih bisa meledak, karena masih utuh," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru