Hari Jadi Lumajang

Ziarah Makam Biting Puncak Harjalu 766 Digelar Dalam Duka Semeru

lumajangsatu.com
Bupati dan Wakil Bupati Lumajang nyekar di petilasan Arya Wiraraja di Situs Biting Desa Kutorenon

Sukodono - Ziarah makam raja pertama Lumajang pada puncak Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-766 digelar dimasa Lumajang berduka. Pasalnya, tanggal 4 Desember 2021, Semeru erupsi yang mengakibatkan puluhan warga Lumajang meninggal, ratusan kehilangan rumah dan puluhan fasilitas publik rusak.

Momen ziarah makam Situs Biting sekaligus digunakan untuk berdoa agar Kabupaten Lumajang senantiasa diberikan keselamatan dan dijauhkan dari musibah.

Baca juga: Car Free Day di Alun-Alun Lumajang Bikin PKL Raup Untung Banyak

Bupati menjelaskan bahwa ziarah tersebut dilakukan secara rutin setiap puncak Harjalu, sebagai bentuk penghormatan sekaligus mendo'akan Raja pertama Kerajaan Lamadjang Tigang Juru, Arya Wiraraja dan para petinggi kerajaan lainnya.

Baca juga: Warga Sumberbendo Demo Sekdes Dorogowok Lumajang Mundur

"Doa bersama di petilasan makam Arya Wiraraja sebagai rasa kenang kita yang telah mendahului kita dan para sesepuh kita yang turut andil adanya Kabupaten Lumajang," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Selasa (14/12/2021).

Dalam kesempatan ini Bupati juga mengajak berdo'a bersama agar duka Semeru segera usai dan masyarakat kembali beraktifitas normal seperti sedia kala.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

"Saya mohon doa, semoga istigotsah sebagai jalan sekaligus ikhtiar kita memohon kepada Allah semoga kita terhindar dan terselamatkan dari musibah," jelasnya.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru