Sempat Viral di Media Sosial

Pencuri HP Terekam CCTV di Toko Buku Tempeh Lumajang Berakhir Mediasi

lumajangsatu.com
Rekamn CCTV memperlihatkan aksi pengambilan HP di halaman toko buku di Tempeh

Tempeh - Setelah dihebohkan oleh rekaman video CCTV yang memperlihatkan pelaku pencurian Hp di Toko Buku Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh. Akhirnya pelaku berinisial NH (41) warga Dusun Sumberejo Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh berhasil ditangkap oleh polisi, namun kasus tersebut berakhir damai.

Ending kasus yang berakhir damai ini tak lepas dari peran polisi yakni Polsek Tempeh. Polisi melakukan upaya Restorative Justice dalam kasus ini di masa pandemi COVID-19

Baca juga: Polisi Ajak Kang Sopir Lumajang Tak Ugal-Ugalan di Jalan

Kapolsek Tempeh Iptu Lugito membenarkan upaya Restorative Justice dalam kasus ini. Sebab kerugian dalam kasus pencurian itu tidak sampai Rp 2,5 juta.

Baca juga: Polisi Jaga Ketat Gudang Logistik Pilkada Lumajang 2024

"Sesuai dengan Perpol dan arahan Kapolri kita mengupayakan adanya mediasi dan lakukan Restorative Justice terhadap kasus ini," ujarnya, Jum'at (13/5/2022).

Rupanya dalam upaya mediasi itu korban pencurian merasa iba dengan kondisi keluarga dan pelaku , sehingga korban memaafkan pelaku. Dengan adanya hal ini juga berarti perkara pencurian tersangka ini juga tidak dapat dilanjutkan. "HP-nya sudah dikembalikan ke korban" tutupnya.

Baca juga: Prospek dan Tantangan Santri di Era Modern

Perdamaian korban dan tersangka ini dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai yang ditanda tangani kedua belah pihak. Khusus untuk tersangka sebelum dikembalikan ke pihak keluarga diberi wejangan agar tidak lagi mengulangi perbuatannya.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru