Hujan Deras

Semakin Dangkal, Air Ranupani Masuk ke Ranu Regulo Lumajang

lumajangsatu.com
Lokasi taman-taman dekat Ranu Regulo terendam air dari luapan Ranupani

Senduro - Hujan deras yang melanda kawasan Ranupani Kecamatan Senduro mengakibatkan air danau meluap, Senin (17/06). Akibatnya, air dari danau Ranupani mengali ke Ranu Regulo yang berjarak sekitar 500 meter disisi timur Ranupani.

Anabil Faizin, salah seorang warga Ranupani menyatakan bahwa meluapnya air Ranupani ke Ranu Regulo baru terjadi kali ini saja. Diduga, saking banyknya air yang masuk ke Ranupani sehingga overload dan meluap ke lokasi yang lebih rendah.

Baca juga: Legenda Argasonya Lumajang Tampil di Gedung Negara Grahadi Surabaya

"Baru terjadi tahun ini saja mas, tahun lalu tidak sampai meluap," ujar Faizin, Selasa (18/10/2022).

Pendangkalan dan tingginya debit air yang masuk ke Ranupani menjadi akar masalah air Ranupani mengalir ke Ranu Regulo. Saat hujan turun, daerah-daerah perbukitan sudah tidak menyimpan air hujan dan langsung mengalir ke Ranupani.

Baca juga: KPU Lakukan Finalisasi Bahan dan Peraga Kampanye Pilkada Lumajang

"Ranupani dangkal dan air hujan yang masuk sangat banyak, akhirnya meluber wes," tuturnya.

Penanganan jangka pendek harus dibuatkan tanggul pemisah agar air dari Ranupani tidak masuk ke Ranu Regulo. Sedangkan penanganan jangka panjang harus ada kesadaran bersama untuk merubah pola pertanian dan tak ada lagi pembukaan lahan untuk pertanian.

Baca juga: Pemerintah Akan Kembangkan Ranuyoso Jadi Pusat Ekonomi Lumajang

"Kalau terus-terusan, Ranu Regulo akan tercemar juga, karena sampah-sampah dari Ranupani masuk ke Ranu Regulo," pungkasya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru