Tergerus Lahar Semeru, Puluhan Tanggul Daerah Aliran Sungai Rusak

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Banjir lahar dingin gunung semeru yang terjadi beberapa minggu terakhir membuat sejumlah bangunan tanggul dan tangkis di 3 aliran lahar Semeru rusak.

"Ada yang rusak ringan, ada juga yang rusak parah mas," ungkap Nur Afandi, Petugas Balai Besar Wilayah Sungai Berantas saat ditanya lumajangsatu.com, senin (22/02/16).

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Lebih lanjut, Nur Afandi menjelaskan jika kerusakan tanggul itu selain tergerus lahar hujan, sejumlah penambangan nakal masih banyak ditemukan, yang mengambil pasir di dekat tanggul.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

"Yang pasti akibat tergerus banjir mas, tetapi ada juga penyebab lain yang membuat tanggul ini jebol," lanjutnya.

Bangunan milik Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumberdaya Air, balai besar wilayah sungai berantas mencatat terdapat tiga aliran yang rusak, yakni di das sungai mujur, das rejali, dan das glidik.

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

Meski begitu, hingga saat ini bangunan tanggul ini masih cukup efektif untuk mengarahkan air laharan agar tidak meluap kepermukiman warga. Namun pihak balai besar wilayah sungai berantas akan terus melakukan pemantauan, jika terdapat bangunan yang rusak parah pihaknya akan segera melakukan perbaikan agar tak sampai menelan korban jiwa. (Mad/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru