Kementrian Kembangkan Wisata Penyanggah Pura Mandara Giri Semeru Agung

lumajangsatu.com

Baca juga: Komisi A DPRD Dukung Pendekatan Humanis Satpol PP Pada Pelajar Lumajang

Lumajang(lumajangsatu.com)-  Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata (Ditjen PDP) Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) akan menggelar workshop wisata religi, sebagai tidak lanjut dari program  Destination Management Organization (DMO). Dimana, di Jatim, DMO dipusatkan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Ini tindak lanjut dari program DMO yang dipusatkan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," Ujar Indriyanto, kasi promosi wisata Kantor Pariwisata Seni dan Budaya kabupaten Lumajang," Senin (16/09/2013).

Di Lumajang, potensi wisatanya tidak hanya di Bromo dan Semeru saja. Namun, juga memiliki potensi wisata yang lainnya, yang akan menjadi penyanggah dari program DMO. Seperti wisata Religi Pura Mandaragiri Semeru Agung yang berada di kecamatan Senduro."Ini juga harapan dari PHDI, agar kegiatan religi tidak hanya di Pura Mandaragiri saja, namun hingga ke Ranu Pane," Tambahnya.

Kegiatan tersebut direspon baik oleh Ditjen Pariwisata, sehingga digelarlah kegiatan workshop yang akan ditempatkan di Hotel Samanake, 26 September 2013. Harapannya, agar wisata penyenggah bisa berkembang, sehingga mampu membantu program DMO."Agar wisata penyanggah bisa berkembang dan membantu program DMO," Terangnya.

Ia menambahkan, peserta yang ikut dalam kegiatan Workshop bersal dari internal Lumajang, Sepereti Kecamatan, Kepala Desa yang menjadi penyanggah wisata, PHDI Pemprov Bali dan Dinas Pariwisata Pemprov Jatim. Sementara itu, dinas PU dan Bapeda akan menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. "Kelompok Pekerja Lokal yang telah di SK Bupati juga ikut dalam kegiatan tersebut," Jelasnya.

Target yang diharapkan, semua elemen wisata, baik Masyarakat, Pemerintah Lumajang, PHDI Bali, Dinas Pariwista Jatim dan Kementrian bersama-sama melakukan kometmen untuk memajukan wisata di daerah penyanggah wisata yang menjadi program DMO.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru