Content: / /

Susu Kambing Etawa Lumajang Jadi Peluang Usaha Masa Pandemi

Ekonomi

12 Oktober 2020
Susu Kambing Etawa Lumajang Jadi Peluang Usaha Masa Pandemi

mam Muhammad pengusaha susu Kambing Etawa saat ditemui Lumajangsatu.com di rumahnya di Dusun Kampung Baru Desa Mangunsari Kecamatan Tekung, Senin (12/10/2020).

Lumajang - Kambing Etawa, salah satu jenis kambing yang mampu secara alami menghasilkan susu yang melimpah. Hal tersebut memberikan peluang usaha bagi peternaknya, saat segala sektor usaha digerogoti pandemi Covid 19. Usaha susu Kambing Etawa mampu melebarkan sayap.

"Berbenturan, dikala semua usaha banyak fakum. Susu Kambing Etawa malah semakin banyak yang cari,"ungkap Imam Muhammad pengusaha susu Kambing Etawa saat ditemui Lumajangsatu.com di rumahnya di Dusun Kampung Baru Desa Mangunsari Kecamatan Tekung, Senin (12/10/2020)

Pandemi membuat orang gencar melakukan pola hidup sehat, menjaga imun dengan rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. "Yaa orangkan pada berlomba-lomba meningkatkan imun tubuh, susu Kambing Etawa kaya nutrisi jadi semakin banyak yang cari,"jelasnya.

Ternak dan Usaha susu Kambing Etawa tidak begitu rumit, rutin pakan pagi dan sore yaitu dedaunan serta penambahan Rendeng Kangkung dan Tumpi Jagung serta rutin melakukan perawatan kebersihan kandang.

Laki-laki yang sudah 5 tahun ternak Kambing Etawa tersebut memaparkan jika usia Kambing Etawa layak pera susu, kisaran usia 2 tahun. "Usia dua tahun itu, Kambing sudah melahirkan dua kali mas jadi kantong susunya sudah besar,"paparnya.

Produksi Susu Kambing Etawa dihasilkan secara alami. "Ya jadi kambing habis melahirkan bisa produksi susu selama 20 bulan,"tambahnya.

Laki-laki yang akrab dipanggil Imam tersebut memiliki 12 Kambing layak pera dengan perhari menghasilkan kisaran 26 liter susu. "Satu kambing perharinya dapat 2 liter mas, paling sedikit 1,7 liter. Sebenarnya kambing saya ada 25 tapi yang layak pera hanya 12,"jelasnya.

Harga susu Kambing Etawa perliternya 16.500 ribu, harga berbeda jika dikirim ke luar kota. "Saya juga kirim ke luar kota mas, Jember, Surabaya, Bekasi dan Jakarta. Keluar kota harganya dari 18 ribu hingga 25 ribu perliternya,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi