Demi Tetap Bertahan Hidup

Bertahan Saat Pandemi, Pengrajin Batik Lumajang Kreasikan Motif Santai

lumajangsatu.com
Batik Santai Kreasik Pengrajin Lumajang.

Lumajang - Ely Hartanik pengrajin batik Lumajang berkreasi dengan pembuatan batik baju santai, yang harganya terjangkau. Guna mempertahankan eksistensi usahanya di tengah gempuran Pandemi Covid 19.

Segala sektor kehidupan beberapa bulan belakangan ini, mengalami tekanan yang berarti termasuk pada sektor kerajinan batik.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Sukosari Lumajang Melibatkan Truk dan Bus Madjoe Berlian

Pengrajin batik asal desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Ely Hartanik mengungkapkan bahwa selama pandemi usahanya mengalami penurunan. Untuk menjaga eksistensinya dia produksi batik kain untuk baju santai yang harganya lebih terjangkau.

"Saya coba buat batik dari kain santung atau goyor yang dibuat untuk baju santai. seperti yang saya pakai ini mas,"ungkapnya saat ditemui Lumajangsatu.com di rumahnya, Jumat(02/10/2020).

Baca juga: Pasar Murah di Senduro Bagian Upaya Pengendalian Inflasi Lumajang

Kreasinya tersebut banyak diminati masyarakat, sehingga produksinya tetap jalan ditengah pandemi Covid 19.

"Harganya 100 ribu hingga 125 mas,"jelasnya.

Baca juga: Dikunjungi Asdep PMPB, Lumajang Jadi Percontohan Penanggulangan Bencana

Untuk membantu usahanya Ely Hartanik dibantu 8 karyawanya. Guna karyawanya memiliki skill batik yang handal, Ely Hartanik mendidik karyawanya mulai dari O.

"Saya latih mas, sampai mahir. Saya juga sering nerima siswa yang mau belajar batik, yaa saya suruh kesini untuk belajar,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru