Akibat Hujan Deras dan Banjir

Dam Groundsill Gambiran Lumajang Jebol, Ini Dampaknya

lumajangsatu.com
Kondisi dam groundsill Gambiran yang jebol akibat debit air besar

Lumajang - Dam groundsill atau dam sabuk untuk pengaman bendungan Gambiran jebol. Hujan deras mengakibatkan debit air naik, sehingga bagian tengah dam groundsill jebol.

"Saya cek tadi memang jebol mas," ujar Joko Sambang Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi (KRR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Kamis (05/08/2021).

Baca juga: Polisi Juga Temukan 10 Kilogram Ganja Kering di Kawasan TNBTS Lumajang

Jika debit air terus membesar, maka kondisi dam akan semakin parah. Sidemintasi yang terbentuk akan habis terbawa air ke hilir. Sedangkan bendungan Gambiran sudah lama jebol akibat diterjang banjir besar beberapa bula lalu.

Baca juga: PPID Lumajang Terima Tim Monev Komisi Informasi Jawa Timur

BPBD sudah melakukan komunikasi dengan unit teknis dari Provinsi untuk melihat seberpa berat kerusakannya. Nantinya akan dilakukan kajian untuk langkah penanganan jangka panjang dan penanganan daruratnya.

Sementara itu, Taufiq salah seorang warga Gambiran menyatakan dengan jebolnya dam itu, maka sumur-sumur milik warga akan semakin kering. Pasalnya, dengan jebolnya bendungan Gambiran beberapa bulan lalu, sudah mengakibatkan sumur warga mengering.

Baca juga: Diskominfo Lumajang Belajar Implementasi Satu Data Indonesia ke Malang

"Sumur warga akan semakin mengering mas, karena air langsung mengalir ke hilir," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru