Pasca Banjir Lahar Dingin

AKBP Dewa Putu Cek Tambang Pasir di Kali Regoyo Lumajang

lumajangsatu.com
AKBP Dewa Putu Eka Darmawan Kapolres Lumajang cek tambang pasir di lokasi lahar dingin Semeru

Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan meninjau tambang pasir di aliran sungai Regoyo di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian. Halitu dilakukan pasca peristiwa hanyutnya dua armada truk pasir milik pengusaha tambang yang sedang beraktifitas saat terjadinya banjir lahar, kemarin (19/04/2022).

AKBP Dewa Putu mengatakan peristiwa yang terjadi hendaknya dijadikan acuan bagi masyarakat, khususnya para penambang. Dia menghimbau untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas penambangan pasir, karen di sungai tersebut jalur aliran lahar Gunung Semeru.

Baca juga: RAKI Yakin Cak Thoriq-Ning Fika Bisa Bawa Lumajang Lebih Maju dan Makmur

Mengingat situasi Gunung Semeru saat ini masih pada level 3 siaga, apalagi disertai curah hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga dikhawatirkan banjir lahar dingin sewaktu waktu bisa terjadi.

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

"Kami himbau agar hati-hati" ungkap AKBP Dewa, Rabu (20/4/2022).

Dalam kesempatan itu Kapolres didampingi Kapolsek Pasirian AKP Agus Sugiharto memberikan imbauan kapada masyarakat dan penambang, untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika ada informasi terjadi banjir lahar agar segera menghentikan aktifitas penambangan dan segera menarik angkutan pasir dari lokasi penambangan.

Baca juga: Indah Wahyuni Ajak Pengusaha Hotel dan Resto Dukung Produk UMKM Lokal Lumajang

Karena hal tersebut untuk meminimalisir adanya korban jiwa dan materiil, karena di musim hujan seperti ini datangnya banjir lahar dingin sulit di deteksi.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru