Usai Diseprot Disinfektan

Pasar Hewan Lumajang Akan Dibuka 2 Minggu Lagi

lumajangsatu.com
Petugas Damkar Lumajang sedang menyeprot pasar hewan

Lumajang - Sejumlah pasar hewan di wilayah Kabupaten Lumajang hari ini secara serentak disterilkan. Hal itu untuk menekan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kukuh (PMK) yang menyerang hewan ternak.

Menurut Bupati Lumajang Thoriqul Haq bahwa tadi pagi telah dilakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Selama penyeterilan berlangsung, pasar hewan akan ditutup sementara selama 2 minggu.

Baca juga: Prospek dan Tantangan Santri di Era Modern

"Jadi selama dua minggu ini tidak ada jual beli hewan di pasar tersebut," Kata Bupati Lumajang yang kerap disapa dengan Cak Thoriq, Kamis (26/5/2022).

Baca juga: Polsek Kedungjajang Lumajang Kerahkan Damkar Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

Sementara, Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menyampaikan pihaknya akan mendukung upaya pemerintah daerah untuk langkah penanganan dan menekan penyebaran wabah PMK. Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menjual sapi dalam kondisi sakit apalagi dengan harga yang murah.

"Lebih baik disehatkan dulu jadi harga jual wajar dan tidak merugikan peternak," kata AKBP Dewa.

Baca juga: HIMPAUDI Lumajang Diajak Terus Tingkatkan Kapasitas Tenaga Pendidik

Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol. Czi. Gunawan Indra Yitno juga berharap upaya yang dilakukan pemerintah akan membawa hasil yang baik, sehingga Kabupaten Lumajang kembali sehat dan terbebas dari wabah PMK.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru