Bupati Turun Langsung

Ratusan Pengungsi Banjir Bandang Semeru Lumajang Aman di Pengungsian

lumajangsatu.com
Pengungsi banjir bandang Semeru langsung mengungsi disejumlah titik

Lumajang - Jumlah pengungsi bencana banjir akibat cuaca ekstrim di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terus bertambah di sejumlah titik pengungsian. Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lumajang, BPBD Kabupaten Lumajang dibantu TNI Polri dan pemerintah setempat serta para relawan terus melakukan pemenuhan kebutuhan pokok para pengungsi.

Dari data yang berhasil dihimpun petugas Dinas Sosial PPPA per Jumat 7 Juli 2023, Pukul 23.00 WIB jumlah pengungsi mencapai 493 yang tersebar di beberapa titik pengungsian.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

"Penanganan pengungsi di beberapa tempat sudah terkendali. Dapur umum juga sudah dipersiapkan," jelas Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Sabtu (8/7/2023) dini hari.

Cak Thoriq juga menjelaskan, bahwa setelah menetapkan status darurat bencana, pihaknya akan segera mengkoordinasikan langkah pemulihan sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

"Langkah berikutnya, pemulihan kedaruratan infrastruktur, pembersihan longsoran, penanganan tanggul yang tergerus, dan normalisasi listrik," terang dia.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai langkah perbaikan dan rekonstruksi.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

"Terkait dengan rekonstruksi beberapa infrastruktur yang rusak, akan segera dilakukan assesment dan segera dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR," imbuhnya.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru