Dibatasi Hanya 500 Pengunjung

Camping di Ranu Regulo Senduro Lumajang Masih Jadi Primadona

lumajangsatu.com
Ranu Regulo masih jadi primadona pengunjung untuk mengisi liburan

Lumajang - Sejak pendakian ke gunung Semeru dan Ranu Kumbolo ditutup, wisatawan menjadikan Ranu Regulo sebagai penggantinya. Setiap harinya, ratusan wisatawan yang datang untuk camping dan menikmati dinginnya alam lereng gunung Semeru di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.

Faizin, salah seorang warga Ranupani menyatakan selama libur natal dan tahun baru (Nataru) jumlah kunjungan selalu berlebih. Pengunjung sejak pagi sudah datang dan pukul 14.00 WIB kunjungan sudah ditutup, karena untuk kunjungan ke Ranu Regulo oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dibatasi 500 orang dan ditutup pukul 16.00 WIB.

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

“Biasanya kalau hari biasa pengunjung datang sejak sore, tapi saat libur Nataru sejak pagi para pengunjung sudah datang,” jelas Faizin kepada Lumajangsatu.com, Sabtu (06/01/2024).

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

Membludaknya jumlah kunjungan tentu juga berdampak pada pelaku UMKM dan pelaku kuliner di Desa Ranupani. Sebab, omzet pelaku kuliner meningkat karena banyaknya jumlah pesanan. Namun, para pengunjung masih menyukai makanan instan, meskipun pelaku kuliner sudah menyiapkan makanan khas Ranupani.

“Kopi dan teh pasti ya, tapi untuk makanan pengunjung masih suka makanan instan seperti mie, padahal kita juga siapkan makanan khas Ranupani,” terangnya.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

Faizin menghimbau kepada pengunjung yang ingin berkunjung ke Ranupani untuk menyiapkan peralatan musim hujan, seperti mantel dan payung. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir, Desa Ranupani diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru